Rabu, 16 Desember 2009

De Pe eL



Hari Rabu, 16 Desember 2009 saya menguji mahasiswa PPL di SMPN 19 Malang. Sesuatu pengalaman yang tidak pernah terbayang oleh saya sebelumnya..

Saya tidak pernah membayangkan bahwa nantinya saya menjadi seorang pengajar... Sejak kecil (belum sekolah) hingga lulus SMA cita2 saya ingin menjadi dokter. Masa2 SMA yang biasanya dilalui dengan penuh kenangan menjadi berbeda bagi saya, kegiatan saya pada masa itu hanya diisi dengan sekolah, les, belajar ( no kongkow2, no boy friend :)). Alhasil saya jadi murid yang lumayan pinter tapi juga kuper :-D..
Ternyata cita cita itu harus kandas karena sebelum ujian UMPTN, ortu sudah memberikan pengertian bahwa tidak ada biaya untuk melanjutkan ke kedokteran... (yaelah knapa gak dari dulu aja sih... cape deh...)
Akhirnya setelah konsultasi dengan beberapa guru, ortu, sholat Istikharah, pilihan saya adalah STIBA Malang, jurusan Sastra Inggris dan Bahasa Mandarin.
Semasa saya kuliah bukan berarti perjalanan saya mulus2 aja, banyak cobaan yang saya alami, (sorry, gak bisa diceritakan, belakangan saya baru menyadari bahwa ternyata ada hikmah dibalik itu semua). Alhamdulillah di semester 6 saya mulai mengajar, menjadi instruktur bahasa Mandarin di PJTKI, memberikan les privat bahasa Inggris. Hingga tahun 2000 saya mulai mengajar bahasa Inggris dan Mandarin di kampus program D1. Bahkan ketika saya belum wisuda (th 2001) saya sudah mengajar di PTS.
Alhamdulillah karir yang saya bangun mulai dari bawah, sekarang sudah ada progress.



Tidak pernah terpikirkan bagi saya bisa menjadi DPL (Dosen Pembina Lapangan) bagi mahasiswa saya...
...

Tidak ada komentar: