Minggu, 17 Juli 2016

RESEP KUE NASTAR KEJU ALA RIA'S KITCHEN (^__*)

 

Saat menjelang lebaran kemarin saya berkunjung ke rumah saudara saya dan melihat dia sibuk mempersiapkan kue kering. Melihat hal tersebut saya jadi teringat 11 tahun lalu saat baru menikah saya bersemangat membuat aneka kue kering tapi ternyata saya tidak bisa memperkirakan sanak saudara dan tamu yang datang ke rumah saya. Ditambah lagi saya harus mudik beberapa hari, sehingga kue saya bisa dikatakan utuh :( Dari pengalaman tersebut saya jadi kapok tidak pernah lagi membuat kue kering. Toh, bingkisan lebaran dari kampus suami dan kampus saya sudah sangat berlebih, bahkan saya bagi-bagikan juga ke tetangga dan orang lain. Tetapi saat bulan Ramadhan kemarin saya tiba-tiba ingin membuat kue kering, yah mungkin karena saya sekarang tidak terlalu sibuk seperti tahun-tahun sebelumnya. 

Berbekal HP android saja menjelajah aneka resep di internet. Tujuan saya hanya mencari resep kacang mede bumbu santan, nastar keju, kastengel dan sagu keju. Resep kue kering yang lain tidak saya tengok karena saya yakin tamu yang datang tidak banyak sehingga saya membuat kue kering yang saya suka saja (^__^) Saya mencari resep kue kering yang bahannya paling bagus digunakan.. 

Dan akhirnya pilihan saya tertuju pada aneka resep yang memakai mentega Wisjman, susu dan serba keju.. Nah, sepulang saya mengajar dari kampus di daerah Blimbing mampirlah saya ke pasar terdekat dengan membawa catatan lengkap bahan apa saja yang akan saya beli.. Setelah saya belanja, saya perhatikan lagi bahan-bahan yang terdapat pada resep tersebut. Saya masih kurang puas karena resep nastar tidak diberi keju pada adonannya, tepung terigu pada resep kastengel juga terlalu banyak. 

Setelah ditimbang sana sini, saya akhirnya menemukan komposisi yang tepat.. Saat saya cicipi pun rasanya berbeda dengan kue kering yang lain (maaf saya tidak sombong tapi congkak dikit :p) Dan ketika saya suguhkan ke teman kampus, tetangga, saudara semua memuji enak !! Alhamdulillah.. Suami yang awalnya tidak suka kue kering, mendengar tetangga memuji akhirnya menyuruh saya membungkus untuk dibawa ke kampus nya hahaha... Tidak sia-sia saya membuatnya.. Oh ya, saya hanya mencoba resep nastar, kastengel dan mede bumbu santan karena teman-teman sudah indent untuk mencicipi setelah saya post foto kue kering saya di instagram. Hmm mede bumbunya bikin 1 resep aja biar tidak terkena asam urat :d kue nastar nya bikin 4 resep, dan kastengel nya bikin 2 resep. Inilah resep kue kering yang sudah saya modifikasi dan sudah dipraktekkan...

NASTAR KEJU


Bahan :

100 gr mentega Wisjman
150 gr margarine blueband
100 gr gula halus
3 kuning telur
2 kuning telur rebus
250 gr tepung terigu (sangrai terlebih dahulu kemudian ayak)
150 gr tepung maizena
75 gr susu bubuk dancow
75 gr keju cheddar, parut.

Olesan :
1 kuning telur
1 sdm susu bubuk dancow
1 sdm air

Isi :
2 buah nanas ukuran besar
6 sdm gula pasir (sesuai selera)
1 tetes pewarna kuning telur
1/2 sdt kayu manis bubuk


Cara Membuat :

1. Kocok mentega, margarine dan gula halus sebentar saja sekitar 3 menit. Tujuannya hanya agar tercampur rata. Ingat ya, kita tidak sedang membuat kue bolu jadi tidak perlu dikocok lama hingga putih :)

2. Masukkan kuning telur satu persatu, kocok sekitar 3 menit dengan kecepatan sedang.

3. Campurkan keju cheddar, tepung terigu, maizena dan susu terlebih dahulu hingga rata baru kemudaian masukkan ke dalam adonan yang telah dikocok. Aduk dan ratakan dengan menggunakan sendok kayu. Jangan mengaduk dengan tangan ya, karena tangan kita mengeluarkan suhu yang panas sehingga mentega akan leleh. Hal ini menjadikan kue kering tidak dapat mengembang.

4. Setelah tercampur rata masukkan adonan ke dalam tupperware atau bungkus dengan plastik wrap, simpan dalam kulkas. Skip langkah ini jika adonan anda sudah dapat dibentuk.

5. Nah saat adonan masuk kulkas, kita bisa mempersiapkan membuat selai nanas. Parut selai nanas (lebih terlihat cantik diparut daripada di blender karena akan menghasilkan serat) kemudian masak di atas api sedang. Semakin airnya menguap semakin sering diaduk biar tidak gosong. Tambahkan gula, pewarna, kayu manis kemudian aduk lagi hingga rata dan selai bisa dipulung. Angkat kemudian dinginkan. Setelah dingin pulung selai bentuk bulat kira-kira diameter 1 cm.

6. Keluarkan adonan dari kulkas, ambil adonan secukupnya dan isi dengan selai nanas. Bisa juga menggunakan melon scoop nya tupperware untuk mencetak biar terlihat cantik. Atur dan beri jarak di atas loyang yang telah di alasi kertas khusus untuk alas oven listrik (beli nya di Avia). Terakhir olesi nastar dengan kuning telur yang sudah dicampur dengan susu bubuk. Oh ya kalau di resep yang saya lihat nastar setelah dibentuk kemudian di panggang selama 20 menit 40 derajat C baru kemudian diolesi dan dipanggang lagi selama 20 menit. Tapi bagi saya ini cukup ribet, jadi langsung diolesi saja :d. Jangan lupa atur oven anda menggunakan api atas bawah.

7. Nah setelah telihat matang, keluarkan dari oven. Nastar akan terlihat pecah-pecah, biarkan hingga dingin, nastar akan menutup lagi setelah dingin. Masukkan ke dalam toples kedap udara. Untuk tips agar kue kering lebih nikmat dan lebih keluar rasanya, simpan toples ke dalam kulkas..

Hmmm saya sudah ngantuk  (-__-) Ok, untuk resep yang lain saya sambung besok ya.. Oh ya jika teman-teman memiliki resep kue nastar keju yang lebih endes, boleh dong di share juga... 

...

2 komentar:

Canda Karana mengatakan...

Fotonya bikin ngiler ya mbak, sebelum baca resep ini aku dah terlanjur bikin nastar juga. Enak Dan lembut juga https://youtu.be/90rMrnyBQb8

Maria cholifah mengatakan...

Waahh makasih banyak sdh diberi resep juga.. kapan2 sy coba resep mbak canda ya..