Rabu, 16 Juli 2008

KOMPETISI MENULIS DAN MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI


Dalam upaya memacu akselerasi kemampuan para guru di bidang teknologi informasi, IlmuKomputer.Com sebagai komunitas e-learning terbesar di Indonesia mengambil langkah partisipasi aktif dengan mengadakan kompetisi yang mendorong guru-guru untuk menulis artikel bertemakan teknologi informasi serta menghasilkan karya media pembelajaran berbasis teknologi informasi untuk dimanfaatkan dalam dunia belajar mengajar.

Dengan merangkul beberapa mitra kerja, diantaranya adalah DetikInet yang merupakan portal berita TI terbesar di Indonesia, beberapa sekolah level TK, SD, SMP, SMA atau yang sederajat, Smart Teacher diharapkan mampu menjadi katalisator bagi pesatnya penggunaan teknologi informasi di bidang pendidikan di Indonesia.

2 kategori karya yang akan dikompetisikan yaitu:

1. ARTIKEL
2. MEDIA PEMBELAJARAN


SYARAT PESERTA DAN HASIL KARYA

1. Peserta berstatus sebagai guru pengajar, mulai dari level TK hingga SMA atau sederajat dengan menunjukkan keterangan dari sekolah/pihak terkait.
2. Peserta bersifat perorangan dan tidak dapat diwakilkan atau dilimpahkan kepada siapapun dalam proses pembuatannya.
3. Peserta membuat pernyataan bahwa hasil karyanya adalah asli buatan sendiri.
4. Tema ARTIKEL adalah dalam bidang teknologi informasi dan atau pemanfaatannya untuk pendidikan. Sedangkan tema MEDIA PEMBELAJARAN adalah bebas sesuai dengan kurikulum mata pelajaran depdiknas.
5. Bahasa pengantar dalam materi adalah bahasa indonesia.
6. Karya MEDIA PEMBELAJARAN yang dikirim bisa berbentuk MEDIA PRESENTASI (alat bantu guru untuk mengajar) atau MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI (alat bantu siswa belajar secara mandiri). Program yang dikirim harus dilengkapi dengan source code ( kode sumber ) dan petunjuk penggunaan.
7. Mencantumkan referensi apabila ada materi yang diambil dari sumber lain.
8. Untuk ARTIKEL panjang antara 10.000 hingga 12.000 karakter. Untuk MEDIA PEMBELAJARAN tetap harus mengirimkan summary tentang karya yang dibuat sekitar 6000-8000 karakter.


MEKANISME PROGRAM SMART TEACHER

1. Peserta mengirimkan artikel atau media pembelajaran melalui smartteacher-staff@yahoogroups.com dengan melampirkan seluruh dokumen yang diperlukan.
2. Karya dikemas dalam file yang dikompresi dengan ukuran sekecil mungkin serta dikirim dalam bentuk file attachment
3. Untuk hasil karya yang tidak memungkinkan untuk dikirim melalui email dapat di kirimkan dalam bentuk CD melalui pos ke alamat :

Sekretariat IlmuKomputer.Com
Menara Bidakara, Lantai 2, Suite 0205
Jl. Gatot Subroto, Kav. 71 – 73, Pancoran,
Jakarta 12870, Indonesia.
4. Setiap minggu tim editor mengirimkan artikel dan karya media pembelajaran pilihan ke redaksi detikINET untuk di upload di kolom khusus detikINET dan penulis akan mendapatkan kompensasi uang tunai dan kesempatan mengikuti event di Luar Negeri. Besaran uang tunai :

• ARTIKEL = Rp. 400.000,-
• MEDIA PEMBELAJARAN = Rp. 700.000,-

5. Artikel dan karya media pembelajaran lain yang tidak terpilih untuk dimuat di detikINET akan dimuat di MediaPembelajaran.Com dan akan mendapatkan cenderamata.
6. Redaksi menyediakan space bagi para pembaca untuk memberi komentar bagi tulisan-tulisan yang telah di upload, komentator terbaik akan mendapatkan merchandise/cenderamata.
7. Artikel dan atau karya media pembelajaran yang telah terkumpul dan telah dimuat akan disunting untuk disiapkan menjadi sebuah naskah buku.
8. Pemenang akan diberitahukan melalui email untuk konfirmasi pemberian reward serta validasi data pemenang.
9. Peserta dapat sebanyak-banyaknya mengirimkan hasil karya.


KOMUNITAS MILIS SMART TEACHER

Tersedia mailing list (milis) bagi rekan-rekan guru, pengajar, profesional ataupun pihak-pihak lain yang tertarik berdiskusi ataupun share ide berhubungan dengan dunia teknologi informasi dan pemanfaatannya untuk dunia pendidikan. Alamat milis adalah: smartteacher@yahoogroups.com. Masukkan email anda pada form di bawah dan klik JOIN NOW untuk berlangganan.
...

1 komentar:

Anonim mengatakan...

keep up the good work bu maria, semoga selalu membantumemberikan informasi untuk para guru.