Jumat, 04 Juli 2008

TIPS MEMBUAT PROPOSAL PENELITIAN



1.Mulailah dari survey paper penelitian yang relatif masih baru. Kalau rujukan papernya terlalu lama, bisa jadi tema itu sudah tidak menarik dan dipandang signifikan lagi. Contoh : tema character recognition, di awal tahun 80-an masih cukup menarik, tetapi saat ini, tema ini kurang menantang lagi.

2.Proposal yang ditulis cukup asal memuat garis besar, tidak perlu terlalu detail. Solusi suatu masalah dalam riset sebenarnya tidak dapat dirumuskan kalau masalahnya belum dapat diformulasikan. Sedangkan seberapa dalam kesulitan suatu masalah, tidak dapat diketahui (walau oleh dosen pembimbing sekalipun) tanpa benar-benar terjun melakukannya.

3.Paling bagus kalau sudah ada preliminary result atau previous study yang sudah dipublikasikan sehingga bisa menambah credit points untuk proposal yang dibuat.

4.Yang penting perlu dijelaskan kontribusi apa yang diharapkan dengan penelitian tsb. Misalnya kalau mau mengembangkan model pembelajaran baru, perlu dijelaskan masalah apa yang diharapkan akan terpecahkan, dan dengan terpecahkannya masalah tsb. manfaat apa yang diharapkan. Dulu saya mendapat pertanyaan sisi manfaat dari proposal riset yang saya ajukan bagi lembaga tempat saya bekerja.

5.Paling “mudah” dalam menjelaskan manfaat itu dikaitkan dengan aplikasinya di dunia pendidkan. Tapi tidak semua riset dapat langsung diaplikasikan, terutama yang sifatnya basic. Juga tidak semua professor senang memikirkan risetnya dari sisi aplikasinya. Salah satu professor di tempat saya dulu sekolah justru menyarankan agar kami jangan mulai berfikir dari “Apa aplikasinya ?”, karena ini akan membelenggu kreatifitas kita dalam merumuskan masalah. Berfikir mulai dari aplikasi, akan membuat metode yang kita kembangkan itu tailored, terlalu spesifik ke masalah itu dan kurang general. Tetapi cara berfikir ini untuk walau mungkin cocok untuk bidang saya (bahasa, sastra dan pengajaran), bisa jadi akan berbeda untuk mereka yang bidangnya lain. Tetapi penguji proposal itu kadang berlainan bidang dengan kita, dan mereka perlu diyakinkan bahwa riset kita itu cukup berharga. Paling mudah yang mereka lakukan adalah dengan mengevaluasi seberapa jauh manfaat riset yang akan dilakukan.

...

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Hey....Nice blog!
Simak info2 menarik tentang musik, film, tips2 etc. di
Tara FM Radio
Pingin ngeklik dapat duit? Silahkan
join klik di sini,gratis!
Hope U like it:-)